Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Otomotif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 1 Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
The purpose of this study was to determine whether the use of cooperative learning model Assisted Individualuization Teams (TAI) can improve student learning outcomes on the subjects of class X Pictures of Automotive Engineering Department of Automotive Light Vehicle SMK Negeri 1 Padang. This type of research is the study design Quasi Experiment, Experiment Quasi design used is Nonequivalent Control Group Design. Overall that experimental class is better than the control class with a percentage of 5.2% influence. Thus it can be concluded that there is the effect of the use of TAI learning model to increase the results of class X student on subjects Picture of Automotive Engineering at SMK Negeri 1 Padang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualuization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik Otomotif kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan desain Quasi Experiment, desain Quasi Experiment yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Secara keseluruhan diperoleh hasil bahwa kelas ekperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol dengan persentase pengaruh sebesar 5,2%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran TAI terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Gambar Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Padang.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
[2] Wina Sanjaya, Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta : Kencana Pernada Group, 2013.
[3] Wakhinuddin, Merencanakan Pembelajaran Teknik Otomotif, Padang, UNP Press, 2010.
[4] Agus Suprijono, Cooperative Learning (Teori Dan Aplikasi), Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2012.
[5] E. R. Slavin, Cooperative Learning, Bandung: Nusa Media, 2010.
[6] Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
[7] Muhammad Fathurrohman, Model-Model Pembelajaran Inovatif, Jogjakarta: Ar-ruzz Media 2016.
[8] Nur Asma, Model Pembelajaran Kooperatif, Padang: UNP Press, 2008.
[9] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.
[10] Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
[11] Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
[12] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2014.
[13] P. S. Mustika, H. Hanesman, and S. Sukaya, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 1 KINALI,” VoteTEKNIKA J. Vocat. Tek. Elektron. Dan Inform., vol. 5, no. 2, 2017, Accessed: May 18, 2020. [Online]. Available: http://103.216.87.80/index.php/voteknika/article/view/8496.
[14] A. Riyanti, A. Widiyatmoko, and I. U. Wusqo, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP TEMA KALOR,” Unnes Sci. Educ. J., vol. 5, no. 2, Jul. 2016, doi: 10.15294/usej.v5i2.13147.
[15] W. Saputra, T. Thamrin, and A. Almasri, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMKN 1 BATIPUH,” VoteTEKNIKA J. Vocat. Tek. Elektron. Dan Inform., vol. 5, no. 2, 2017, Accessed: May 18, 2020. [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/8507.