Pengaruh Ketinggian Pegas Katup dan Diameter Intake Port Terhadap Torsi dan Daya Mesin SOHC 110 cm3

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Purwoko Purwoko
Akbar Sigit Widiantoro

Abstract

Melihat  banyaknya masyarakat indonesia yang masih menggunakan kendaran konvensional sebagai sarana transportasi, dimana kendaraan yang dipakai terus menerus akan mengalami penurunan tenaga. Tujuan dari penelitian ini yaitu memodifikasi kendaraan yang sudah lama digunakan untuk dikembalikan tenaganya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang menghasilkan besar dari kenaikan daya dan torsi yang di ujikan pada alat dynotest. Dalam kelipatan putaran mesin 500 rpm dimulai dari rpm 4500 sampai dengan 7500 rpm. Penelitian ini menggunakan penambahan shim setebal 0,5mm, 1mm dan tanpa penambahan shim. Yang dikombinasikan dengan besar diameter intake portsebesar 18mm standar, 19mm dan 20mm. Pada penelitian ini menghasilkan daya tertinggi terdapat pada variasi shim 1mm dan diameter intake port19mm sebesar 6,23 Hp. Dan torsi terbesar ada pada variasi shim 0,5mm dengan diameter intake portstandar, sebesar 7,44 N.m.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Purwoko, P., & Widiantoro, A. (2024). Pengaruh Ketinggian Pegas Katup dan Diameter Intake Port Terhadap Torsi dan Daya Mesin SOHC 110 cm3. AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 5(1), 8-18. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/aeej.v5i1.233

References

[1] Anjiu, Suhendra & Fahrizal "Rancang Bangun dan Uji Performansi Alat Pembuka Katup Menggunakan Mekanisme Tuas" , Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material, Vol. 5, No. 2,45-52 2021
[2] Arif Brinaldi & Wawan Purwanto"Rancang Bangun Alat Uji Tekanan Pegas Katup Toyota Kijang 7K Berbasis Microcontroler" AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol: 01, No: 02, 2020
[3] Riski Maulana,Sri Nugroho dan Rifky Ismail "Anaisis Kegagalan Katup Buang pada Sepeda Motor 4 Langkah Kapasitas 155 cc" Jurnal Teknik Mesin S-1, Vol. 11, No. 2, 2023
[4] Taufiqurrachman, ,"Pengaruh Variasi Tebal Shim Pegas Katup Terhadap Torsi dan Daya Motor pada Motor 4 Langkah 4 Silinder 1500 cc," Universitas Negeri Semarang, 2006.
[5] Muhammad Farid Reza Frinison, Milana, Erzeddin Alwi, M. Yasep Setiawan "Pengaruh Porting Polish Motif Dimple Terhadap Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor Kawasaki D-Tracker 150 CC"Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia Vol: 01 No: 02, 2023.
[6] Ahmad Abdul Ghani, M. Nasir, Rifdarmon, Hendra Dani Saputra "Pengaruh Variasi Pegas Katup Standar, Pegas Katup Swedia, dan Pegas Katup BRT Terhadap Torsi dan Daya pada Sepeda Motor" Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, Vol: 01 No: 04. 2023
[7] Maulana Rifki Andi"Studi Eksperimental Intake portdengan Dimpel Porting Terhadap Daya,Torsi dan Konsumsi Bahan Bakar Motor Bakar 4 Langkah" Uneversitas Tidar 2022.
[8] Kautsar Hanif Fakhrianto, Margianto, Mochamad Basjir "Pengaruh Intake Porting Dan Exhaust Porting Pada Performa Mesin GL 100 Berbahan Bakar Pertamax", Jurnal Sains dan Teknologi Teknik Mesin Unisma, Vol 18, No 4, 2023
[9] Maridjo, Ika Yuliyani, Angga R “Pengaruh Pemakaian Bahan Bakar Premium, Pertalite dan Pertamax Terhadap Kinerja Motor 4 Tak” Jurnal Teknik Energi, Vol 9, No 1, 2019.
[10] Reza Kamaludin “Studi Eksperimen Celah Katup Tipe SOHC Terhadap Performa Mesin Motor Vario eSP 110 Untuk Optimalisasi Kinerja Kendaraan,” Institut Teknologi Budi Utomo, Jakarta, 2020
[11] Wardiana,Muhamad Ghozali, ”Modifikasi Intake Manifold Terhadap Peforma Mesin Motor Yamaha Mio Soul Tahun 2008,” Saintesa, Vol 1 Edisi 28. 28-10, 2021
[12]Joko Prihartono,Petrus Barro, ”Analisa Kinerja Mesin Bensin Berdasarkan PerbandinganPelumas Mineral dan Sintetis,” Jurnal Ilmiah Aptek (Aplikasi Teknologi), Vol. 7 No. 2 ,2015
[13] Adriansyah Prasetiyo dan Rifdarmon,”Analisa Variasi Penggunaan Busi Pada Sepeda Motor Yamaha Vixion Tahun 2015 Terhadap Daya, Torsi dan Emisi Gas Buang,” AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol: 01, No: 01, 2020
[14] Farid Majedi1, Indah Puspitasari” Optimasi Daya dan Torsi pada Motor 4 Tak dengan Modifikasi Crankshaft dan Porting pada Cylinder Head,” JTT Jurnal Teknologi Terpadu, Vol. 5 No. 1, 2017
[15] Moch Taufik, Nely Ana Mufarida, Asmar Finali”Pengaruh Diameter Porting Polish Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar 4 Langkah” J-Proteksion Vol. 1 No. 2, 2017 Hal. 1-6
[16] Abigunto Amoro Aji, Ivan Halim, Hary Munandar Larasati Rizky Putri,” Pengaruh Pembesaran Diameter dan Pemolesan Intake portPada Mesin 4 Tak 150cc SOHC Terhadap Unjuk Kerjanya’’ Jurnal Ilmiah Teknik Mesin POROS Vol. 19 No. 2, (2023)P
[17] Giyano Lesmana, Toto Sugiarto, Wagino, Ahmad Arif, Ahmad Arif, Lasyatta Syaifullah”Analisis Penambahan Shim Pegas Kopling terhadap Akselerasi dan Top speed pada Sepeda Motor Yamaha V-Ixion Motorcyclke” Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, Volume: 01 Nomor: 03 Tahun: 2023.