Pengaruh ukuran venturi dan rasio kompresi terhadap torsi dan sfc motor bensin 2 langkah 149 cc
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Sebagian besar pengguna sepeda motor menginginkan kinerja mesin yang lebih baik daripada kinerja mesin standar. Pada umumnya pengguna motor 2 langkah untuk meningkatkan kinerja mesin melakukan perubahan pada diameter venturi karburator dan rasio kompresi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui perubahan ukuran venturi dan rasio kompresi terhadap kinerja motor bensin 2 langkah. Pemgambilan data torsi menggunakan alat dynamometer sedangkan pengambilan data konsumsi bahan bakar menggunakan alat buret. Kemudian hasil yang diperoleh dijadikan grafik untuk dilakukan analisis. Mengacu pada pada hasil penelitian torsi, penggunaan diameter venturi 29 mm dengan rasio kompresi 7,5 : 1 menunjukkan peningkatan torsi paling tinggi. Sedangkan pada hasil penelitian SFC, penggunaan diameter venturi 28 mm dengan rasio kompresi 7,5 : 1 menunjukkan nilai paling rendah.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.