Pengaruh Ukuran Venturi dan Rasio Kompresi Terhadap Torsi dan SFC Motor Bensin 2 Langkah 149 cc

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Iqbal Irza Fatazar
Ratna Monasari

Abstract

Sebagian besar pengguna sepeda motor menginginkan kinerja mesin yang lebih baik daripada kinerja mesin standar. Pada umumnya pengguna motor 2 langkah untuk meningkatkan kinerja mesin melakukan perubahan pada diameter venturi karburator dan rasio kompresi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui perubahan ukuran venturi dan rasio kompresi terhadap kinerja motor bensin 2 langkah. Pemgambilan data torsi menggunakan alat dynamometer sedangkan pengambilan data konsumsi bahan bakar menggunakan alat buret. Kemudian hasil yang diperoleh dijadikan grafik untuk dilakukan analisis. Mengacu pada pada hasil penelitian torsi, penggunaan diameter venturi 29 mm dengan rasio kompresi 7,5 : 1 menunjukkan peningkatan torsi paling tinggi. Sedangkan pada hasil penelitian SFC, penggunaan diameter venturi 28 mm dengan rasio kompresi 7,5 : 1 menunjukkan nilai paling rendah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fatazar, I., & Monasari, R. (2024). Pengaruh Ukuran Venturi dan Rasio Kompresi Terhadap Torsi dan SFC Motor Bensin 2 Langkah 149 cc. AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 5(1), 67-78. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/aeej.v5i1.238

References

[1] I. Munthe, “Pengaruh Kapasitas Volume Sisa Terhadap Tekanan Kompresi Pada Mesin 2 Tak Tipe Rx-King 135 CC,” J. Ilm. Core IT Community Res. …, vol. 8, no. 6, pp. 42–46, 2020, [Online]. Available: http://www.ijcoreit.org/index.php/coreit/article/view/243.
[2] R. R. Sihotang and M. Hetharia, “Analisis Pengaruh Putaran Terhadap Komsumsi Bahan Bakar Dari Motor Bensin Suzuki Jimny Katana,” J. Voering, vol. 6, no. 1, pp. 20–28, 2021.
[3] E. Bambang, W. T. Putra, and M. Malyadi, “Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Komputek) Analisa Efek Perubahan Venturi Karburator Terhadap Performance Mesin Pada Sepeda Motor Yamaha Vega,” KOMPUTEK J. Mhs. Univ. Muhammadiyah Ponorogo, vol. 0985, pp. 1–13, 2019.
[4] B. K. Putra, A. Riza, and A. Aziz, “Analisis Komposisi Gas Buang Akibat Perubahan Main Jet Nozzle Pada Sistem Karburator Mesin,” Poros, vol. 13, no. 2, p. 62, 2017, doi: 10.24912/poros.v13i2.820.
[5] A. Istiyantono and M. Mufti, “Analisis Pengaruh Venturi Karburator dan Putaran Mesin Terhadap Performa Motor Bakar,” Pros. Senakama, vol. 3, no. 2, pp. 58–70, 2023, [Online]. Available: https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/sentek/article/view/3404.
[6] I. G. K. sukadana and I. G. N. P. Tenaya, “Pengaruh Penggunaan Arak Bali Sebagai Bahan Bakar Pada Mesin Empat Langkah Dengan Rasio Kompresi Bervariasi,” Flywheel J. Tek. Mesin Untirta, vol. 11, no. 1, pp. 1–8, 2016.
[7] K. J. Nugroho, B. Basmal, S. Sugiyarta, and T. Ginting, “Pengaruh rasio kompresi terhadap tekanan kompresi motor dua langkah,” J. Crankshaft, vol. 6, no. 2, pp. 45–51, 2023, doi: 10.24176/crankshaft.v6i2.11029.
[8] M. S. Ghaly and Y. A. Winoko, “Analisis Perubahan Diameter Base Circle Camshaft Terhadap Daya Dan Torsi Pada Sepeda Motor,” J. Flywheel, vol. 10, no. 2, pp. 7–12, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.itn.ac.id/index.php/flywheel/article/view/742.
[9] R. Monasari, A. H. Firdaus, and N. Qosim, “Pengaruh Penambahan Zat Aditif Pada Campuran Bahan Bakar Bensin – Bioethanol Terhadap Specific Fuel Consumption,” J. Pendidik. Tek. Mesin Undiksha, vol. 9, no. 1, pp. 1–10, 2021, doi: 10.23887/jptm.v9i1.31797.
[10] F. A. Azhar, “Pengaruh Perubahan Sistem Pemasukan Bahan Bakar dan Rasio Kompresi Motor Bakar 4-Tak Single Cylinder terhadap Torsi dan Daya,” J. Tek. Terap., vol. 2, no. 1, pp. 23–30, 2023, doi: 10.25047/jteta.v2i1.21.