Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Hal Ketepatan Waktu Mengerjakan Tugas Saat Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sarjino Sarjino

Abstract

This study aims to improve the timeliness of students in collecting assignments on google form for the online method of Light Vehicle Engineering Chassis Maintenance on the subject of Diagnosing Automatic Transmission Damage for Class XII odd semester SMK Wiworotomo Purwokerto Pelajar 2020/2021. The data obtained include data on student learning outcomes tests for each cycle, data from observations of teacher activities and data from observations of student activities. Based on the results of the study it can be concluded that by maximizing the WA group class before and after learning can improve the timeliness of students in doing assignments on the google form material Diagnosing Automatic Transmission Damage Class XII TKRO SMK Wiworotomo Purwokerto Academic Year 2020/2021. 


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketepatan waktu siswa dalam mengumpulakn tugas pada  google form mata pelajaran  Pemeliharaan Sasis Pemindah Tenaga Teknik Kendaraan Ringan  metode daring  pada materi Mendiagnosis Kerusakan transmisi Otomtais Kelas XII semester gasal SMK Wiworotomo Purwokerto  Pelajaran 2020/2021. Data yang diperoleh antara lain tentang data tes hasil belajar  siswa setiap siklusnya, data hasil observasi aktifitas guru dan data hasil observasi aktifitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan memaksimalkan WA group kelas sebelum dan sesudah pembelajaran dapat meningkatkan ketepatan waktu siswa dalam mengerjakan tugas di google form materi Mendiagnosa Kerusakan Transmisi Otomatis Kelas XII TKRO SMK Wiworotomo Purwokerto Tahun Pelajaran 2020/2021. 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sarjino, S. (2020). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Hal Ketepatan Waktu Mengerjakan Tugas Saat Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 1(2), 111-118. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/aeej.v1i2.24

References

[1] Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
[2] Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda.
[3] Dikutip dari “Acmad Muparok, 2013 “Meningkatkan Hsil Belajar Siswa Tentang Mempertahankan Kemerdekaan RI Melalui Media Visual pada pembelajaran IPS “
[4] https://sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif/assets/file_upload/pengantar/pdf/pengantar_3.pdf
[5] http://repository.upi.edu/5920/6/S_IPS_KDTASIK_0903572_Chapter3.pdf
[6] Chairil. 2009. Media Pembelajaran
[7] D. Zhang, J. L. Zhao, L. Zhou, and J. F. Nunamaker, “Can e-learning replace classroom learning?,” Commun. ACM, 2004.
[8] Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta
[9] Indarti, Titik, Penelitian Tindakan Kelas dan penulisan ilmiah: prinsip-prinsip dasar, langkah-langkah dan implementasinya. Surabaya: FBS,UNESA.
[10] Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Rajawali Pers
[11] Kusuma, Wijaya. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indek.