Evaluasi Penerapan Metode Pembelajaran Asinkronus Terhadap Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Aerodinamika

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Andhika Rafli Syafikri

Abstract

This study aims to evaluate the effectiveness of the application of asynchronous learning methods on the understanding of material in aerodynamics courses. Asynchronous methods provide flexibility of time and place for students to access learning materials, which include videos, digital modules, and online discussion forums. Data were collected through a questionnaire to measure students' understanding of concepts and satisfaction levels. Students reported high levels of satisfaction related to the flexibility and accessibility of learning. This study concludes that asynchronous methods can be an effective alternative for aerodynamics learning, especially in supporting independent learning and improving students' cognitive skills.


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan metode pembelajaran asinkronus terhadap pemahaman materi pada mata kuliah aerodinamika. Metode asinkronus memberikan fleksibilitas waktu dan tempat bagi Mahasiswa untuk mengakses materi pembelajaran, yang mencakup video, modul digital, dan forum diskusi online. Data dikumpulkan melalui Kuesioner untuk mengukur pemahaman konsep dan tingkat kepuasan Mahasiswa. Mahasiswa melaporkan tingkat kepuasan yang tinggi terkait fleksibilitas dan aksesibilitas pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode asinkronus dapat menjadi alternatif efektif untuk pembelajaran aerodinamika, khususnya dalam mendukung pembelajaran mandiri dan peningkatan keterampilan kognitif Mahasiswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Syafikri, A. (2024). Evaluasi Penerapan Metode Pembelajaran Asinkronus Terhadap Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Aerodinamika. AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 5(2), 151-162. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/aeej.v5i2.263

References

R. &. F. Y. Pakpahan, "Analisa pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19," Journal of Information System, Applied Management, Accounting and Research, vol. 4, no. 2, pp. 30-36, 2020.
[2] L. Y. F. R. &. L. H. Hastini, "Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?," Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), vol. 10, no. 1, pp. 12-28, 2020.
[3] F. &. S. M. R. Husnaeni, "Pengaruh Pupuk Hayati dan Anorganik Terhadap Populasi Azotobacter," Jurnal Biodjati, vol. 3, no. (1), pp. 90-98, 2018.
[4] A. Anugrahana, "Hambatana, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru ssekolah dasar.," Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan , vol. 10, no. 3, pp. 282-289, 2020.
[5] Z. A. Djamarah Syaiful Bahri, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.
[6] T. Belawati, Pembelajaran Online, Universitas Terbuka, 2020.
[7] R. &. D. Agustina, "Sejarah, tantangan, dan faktor keberhasilan dalam pengembangan e-learning.," SESINDO: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2016.
[8] A. &. U. A. H. Salim, "Evaluasi sumatif ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran Tepat Guna di Sekolah dasar (SD)," Penelitian Tindakan dan Pendidikan, vol. 6, no. (2), pp. 71-78, 2020.
[9] A. A. K. A. W. I. G. A. &. M. I. W. Widiantari, "Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Perpaduan Asinkronous dan Sinkronous Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Ekonomi.," Media Komunikasi FPIPS, vol. 20, no. 2, pp. 151-160, 2021.
[10] A. S. &. L. F. Y. Wandini, "Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran secara Daring pada Belajar dari Rumah (BDR) jenjang SMP," Jurnal Basicedu, 2021.
[11] T. &. A. A. Hidayat, "Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah," Al- Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 10, no. 1, pp. 159-181, 2019.
[12] N. Sujana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, 2010.
[13] d. Muhammad Fakhruddin, "Optimasi Aerodinamika Bodi Mobil Hemat Energi Ken Dedes Electric Evo 3 Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics (CFP)," EKSERGI: Jurnal Teknik Energi, vol. 17, no. 1, pp. 36-45, 2021.
[14] W. Hartanto, "Penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran," Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, vol. 10, 2016.
[15] P. W. M. F. A. P. W. Agus Rustamana, "Penelitian Metode Kuantitatif," Sindoro: Cendikia Pendidikan, vol. 5, no. 6, pp. 1-10, 2024.
[16] Supriyono, Studi Kasus Bimbingan dan Konseling, Semarang: Nieuw Setapak, 2008.