Analisis Variasi Penggunaan Busi pada Sepeda Motor Yamaha Vixion Tahun 2015 Terhadap Daya, Torsi dan Emisi Gas Buang

  • Adriansyah Prasetiyo Universitas Negeri Padang
  • Rifdarmon Rifdarmon Universitas Negeri Padang
Keywords: NGK Spark Plugs, Power and Torque, Exhaust Emissions, busi NGK, daya dan torsi, emisi gas buang

Abstract

This study aims to determine the effect of the use of variations of spark plugs on power, torque and exhaust emissions produced by Yamaha Vixion motorcycles in 2015. This study uses an experimental method with three variations of spark plugs. The results of research on nickel spark plugs obtained a maximum power of 12.7 Kw, a maximum torque of 11.14 N.m and exhaust gas emissions with CO levels of 4.24%, CO2 9.03%, HC 1214ppm. In platinum spark plugs there is an increase in power of 1.55%, torque of 0.89% torque and exhaust emissions with levels of 5.18% CO, 9.2% CO2, HC 1134ppm. Furthermore, iridium spark plugs have an increase in power of 4.5%, a torque of 3.47% and exhaust gas emissions with CO levels of 5.27%, CO2 9.6%, HC 1293ppm. That is, there is an influence from the use of variations of spark plugs on power, torque and exhaust emissions on Yamaha Vixion motorcycles in 2015.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan variasi busi terhadap daya, torsi dan emisi gas buang yang dihasilkan oleh sepeda motor Yamaha Vixion tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tiga variasi busi. Hasil penelitian pada busi nikel didapatkan daya maksimal sebesar 12,7Kw, torsi maksimal sebesar 11,14 N.m dan emisi gas buang dengan kadar CO 4,24%, CO2 9,03%, HC 1214ppm. Pada busi platinum terdapat peningkatan daya sebesar 1,55%, torsi torsi 0,89% dan emisi gas buang dengan kadar CO 5,18%, CO2 9,2%, HC 1134ppm. Selanjutnya, pada busi iridium terdapat peningkatan daya sebesar 4,5%, torsi sebesar 3,47% dan emisi gas buang dengan kadar CO 5,27%, CO2 9,6%, HC 1293ppm. Artinya, terdapat pengaruh dari penggunaan variasi busi terhadap daya, torsi dan emisi gas buang pada sepeda motor Yamaha Vixion tahun 2015.


Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] B. Amin and F. Ismet, Teknologi Motor Bensin. Jakarta: Kencana, 2016.
[2] W. Suyanto, Teori Motor Bensin. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi P2LPTK, 1989.
[3] W. Hidayat, Motor Bensin Modern. Jakarta: RINEKA CIPTA, 2012.
[4] Daryanto, Motor Bakar untuk Mobil. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
[5] H. Maksum, dkk, Teknologi Motor Bakar. Padang: UNP Press, 2012.
[6] J. Jama and Wagino, Teknik Sepeda Motor Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2008.
[7] F. Kustiawan, “Analisa Variasi Busi Terhadap Performa Motor Bensin 4 Langkah,” PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.
[8] Sugiyono, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Published
2020-06-15

How to Cite
Prasetiyo, A., & Rifdarmon, R. (2020). Analisis Variasi Penggunaan Busi pada Sepeda Motor Yamaha Vixion Tahun 2015 Terhadap Daya, Torsi dan Emisi Gas Buang. AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 1(1), 31-38. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/aeej.v1i1.4