Pengaruh Penggunaan Variasi Busi dan Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Matic 110 CC Terhadap Torsi dan Daya
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini tentang variasi penggunaan busi dan bahan bakar terhadap torsi dan daya yang dihasilkan oleh sepeda motor matic 110 cc dengan menggunakan tiga variasi busi yaitu busi nikel, busi platinum, dan busi iridium serta tiga jenis bahan bakar yaitu premium, pertalite, dan pertamax. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Objek penelitian ini adalah sepeda motor Honda Beat tahun 2017. Pada penggunaan bahan bakar pertalite serta menggunakan busi nikel, busi platinum, dan busi iridium didapat hasil torsi sebesar 9,62 N.m, 9,77 N.m, 9,62 N.m. Daya sebesar 6,29 Kw, 6,41 Kw, 6,29 Kw. Pada penggunaan bahan bakar pertamax serta menggunakan busi nikel, busi platinum, dan busi iridium didapat hasil torsi sebesar 9,67 N.m, 9,27 N.m, 9,83 N.m. Daya sebesar 6,34 Kw, 6,26 Kw, 6,44 kw. Setelah melalui uji T dengan taraf signifikan 5% didapat hasil torsi dan daya pada perlakuan menggunakan busi nikel, busi platinum, busi iridium serta bahan bakar pertalite dan pertamax tidak signifikan.
This study is about variations in the use of spark plugs and fuel on the torque and power produced by a 110 cc automatic motorcycle using three variations of spark plugs, namely nickel spark plugs, platinum spark plugs, and iridium spark plugs and three types of fuel, namely premium, pertalite, and pertamax. This type of research is experimental research. The object of this research is a 2017 Honda Beat motorcycle. In the use of pertalite fuel and using nickel spark plugs, platinum spark plugs, and iridium spark plugs, the torque results are 9.62 N.m, 9.77 N.m, 9.62 N.m. Power of 6.29 Kw, 6.41 Kw, 6.29 Kw. In the use of Pertamax fuel and using nickel spark plugs, platinum spark plugs, and iridium spark plugs, the torque results are 9.67 N.m, 9.27 N.m, 9.83 N.m. Power of 6.34 Kw, 6.26 Kw, 6.44 kw. After going through the T test with a significant level of 5%, the results of the torque and power treatment using nickel spark plugs, platinum spark plugs, iridium spark plugs and pertalite and pertamax fuels were not significant.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
B. Amin dan F. Ismet, Teknologi Motor Bensin, Jakarta: Kencana, 2016.
J. Jama dan Wagino, Teknik Sepeda Motor Jilid 1 dan 2, Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2008.
H. Maksum, dkk, Teknologi Motor Bakar, Padang: UNP Press, 2012.
A. Prasetiyo, “Analisis Variasi Penggunaan Busi Pada Sepeda Motor Yamaha Vixion Tahun 2015 Terhadap Daya, Torsi dan Emisi Gas Buang”, Skripsi, Padang: Universitas Negeri Padang. 2020
A. Pratama, “Pengaruh Penggunaan Variasi Busi Terhadap Kinerja Mesin Sepeda Motor 4 Langkah”, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Palembang: Universitas Sriwijaya, vol. 5, no 1, 2018.
A. Syahrifudin, “Pengaruh Variasu Busi Terhadap Performa dan Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor”, Jurnal METTEK, Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang, vol. 6, no 2, 2020.
M. Safaul Kahfi, “Pengaruh Variasi Busi Terhadap Performa Mesin Pada Motor 4 Langkah 200 CC’, Jember: Universitas Muhammadiyah Jember, 2020.
M. Yuli Prasojo, “Pengaruh Penggunaan CDI Standar dan CDI Racing Dengan Variasi Bahan Bakar Premium 88, Pertamax 92, dan Pertamax Plus 95 Terhadap Daya dan Torsi Motor Bensin 1 Silinder”, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2015.
Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2017.