Uji Modifikasi Komponen dan Sistem Pengapian Yamaha 5D9 Terhadap Emisi Gas Buang dan Konsumsi Bahan Bakar
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
This study aims to determine the effect of modification of components and ignition system on exhaust emissions and fuel consumption on a Yamaha 5D9 motorcycle. The research method used is a case study. The tool used to perform the emission test is a Gas Analyzer type SUKYOUNG SYGA-401 and fuel consumption is measured using a measuring cup. The results showed 1) exhaust gas emissions on the modification of the components of the piston, valve, and ignition system, namely CO 5.76%, CO2 1.6%, and O2 18.09%. 2) fuel consumption increases at each engine speed of 1000 rpm = 100ml, 2000 rpm = 200ml, and 4000 rpm = 400ml, 3) the distance traveled increases at each engine speed of 1000 rpm = 1.9 km, 2000 rpm = 3, 1 km, and 4000 rpm = 4.6 km.
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi komponen dan sistem pengapian terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Yamaha 5D9. Metode penelitian yang digunakan menggunakan case study. Alat yang digunakan untuk melakukan uji emisi adalah Gas Analyzer type SUKYOUNG SYGA-401 dan konsumsi bahan bakar diukur menggunakan gelas ukur. Hasil penelitian menunjukan tiga hal, pertama emisi gas buang pada modifikasi komponen piston, katup, dan sistem pengapian yaitu CO 5,76%, CO2 1,6%, dan O2 18,09%. Kedua, konsumsi bahan bakar meningkat pada setiap putaran mesin 1000 rpm = 100ml, 2000 rpm = 200ml, dan 4000 rpm = 400ml. Dan terakhir, jarak yang ditempuh meningkat pada setiap putaran mesin yaitu 1000 rpm = 1,9 km, 2000 rpm = 3,1 km, dan 4000 rpm =4,6km.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
[2] C. Azhari and O. Samsudin, “PENGARUH MODIFIKASI DIAMETER KATUP MASUK DAN KATUP BUANG TERHADAP KINERJA PADA SEPEDA MOTOR HONDA 200 CC,” ISU Teknol. STT MANDALA, vol. 10, no. 2, pp. 58–67, 2015.
[3] S. Anggoro, “PENGARUH PERUBAHAN DIAMETER KATUP TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR,” in Penguatan Kompetensi Berbasis Digital di Era Indonesia 4.0, 2019, pp. 1–5.
[4] I. W. Bandem Adnyana, “UPAYA PENINGKATAN UNJUK KERJA MESIN DENGAN MENGGUNAKAN PENGAPIAN ELEKTRONIC PADA KENDARAAN BERMOTOR,” Jurnal Ilmiah Teknik Mesin CakraM Vol. 3 No. 1, April 2009 (87-92)
[5] T. Priangkoso, A. Wildana and Setyoko, "HUBUNGAN KECEPATAN, POSISI GIGI, DAN JENIS BAHAN BAKAR DENGAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR," Momentum, Vol. 12, No. 2, Oktober 2016, Hal. 37-41
[6] I. Munthe, ”PENGARUH SISTEM PENGAPIAN CDI AC DAN DC TERHADAP KADAR GAS BUANG CO,HC DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MESIN 110 CC," Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK) Vol. 3 , No. 2, Juli 2019
[7] Priyambod N.A. Nugroho and Efraim P. Setyayudha," EVALUASI KARAKTERISTIK UNJUK KERJA DAN EMISI AKIBAT PENINGKATAN VOLUME SILINDER PADA MESIN EMPAT LANGKAH DENGAN BORE UP DAN STROKE UP," Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ, Edisi terbit I – April 2016.
[8] N. A. Yoga Pambayun, W. Suyanto and Sudarwoto," KONSEP MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN DAYA MESIN SEPEDA MOTOR MODIFICATION CONCEPT TO IMPROVE THE POWER OF MOTORCYCLE ENGINE," Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif UNY, Volume 1 Nomor 1, November 2018