Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Sumatera Barat
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
This research aims to investigate the students' perception of class XI towards implementing the 2013 Curriculum at Light Vehicle Engineering Competence in SMK Negeri 1 Sumatera Barat. The type of this research is quantitative descriptive. Based on the results that have been analyzed, it can be concluded that the perception of Class XI students towards the implementation of the 2013 Curriculum at Light Vehicle Engineering Competency in SMK Negeri 1 Sumatera Barat is in the well-implemented category (65.38%). It is categorized into six indicators; Learning Model in the well-implemented category (65.38); Core Competencies in the well-implemented category (50.00%); Scientific approach in the well-implemented category (59.62%); Class organizing in the very well implemented category (67.31%); The use of infrastructure in the well-implemented category(67.31%); Evaluating in the well-implemented category (32.69%).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa kelas XI terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa Kelas XI terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat berada pada kategori terlaksana baik (65.38%), dijabarkan dalam 6 indikator yaitu Model Pembelajaran pada kategori terlaksana baik (65.38%); Kompetensi Inti pada kategori terlaksana baik (50.00%); Pendekatan Saintifik pada kategori terlaksana baik (59.62%); Pengorganisasian Kelas pada kategori terlaksana sangat baik (67.31%); Penggunaan Sarana Prasarana pada kategori terlaksana baik (51.92%); Penilaian pada kategori terlaksana baik (32.69%).
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
[2] R. Arifin, “PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BIDANG KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.
[3] Joni Andre, Martias, and Donny Fernandez, “Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pendagogik Yang Dimiliki Guru Mata Diklat Gambar Teknik Kelas XI SMK Negeri 1 Palembayan,” vol. 1, No 1, 2018.
[4] D. Hude, Emosi. Jakarta: Erlangga, 2006.
[5] Muslimin, M. Nasir, and H. Maksum, “Persepsi Guru Tentang Pelaksaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMK Negeri 1 Padang,” vol. 1 No. 1, 2012.
[6] I. Priyadi, “Persepsi Siswa Kelas VIII SMP N 5 Sleman Terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dengan Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2014 / 2015,” UNY, 2015.
[7] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
[8] S. Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
[9] L. Lyons and C. T. F. Gibbon, How to Measure Achivement. London: Sage Publication, 1978.
[10] S. Hadi, Statistik Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset, 2004.