Karakterististik CDI Standard dan CDI shogun 110 cc Terhadap Performa Sepeda Motor GL Max 125 CC

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Didik Sugiono
Novi Indah Riani
Aini Lostari
Aries Kusdyanto

Abstract

The purpose of this study was to determine the performance characteristics of a Honda GL max 125cc motorcycle engine using standard CDI and 110cc shogun CDI standard CDI with 110cc shogun CDI used on Honda GL Max motorcycles. 125c. Real data collection procedures, with the on-road test method and analyzed descriptively. The test results and analysis show that the increase in gear ratio and the difference in initial start on the two CDi influences engine performance, including speed, acceleration, power, torque, SFC (fuel consumption) on the motorcycle. The test results for speed and acceleration values ​​decrease, and the standard CDI energy value and the Shogun 110cc CDI decrease with increasing gears. Power experiences the greatest increase in the 110cc Shogun CDI compared to the standard CDI, and torque has increased. At the same time, fuel consumption is more efficient than the standard CDI due to the ratio gear from the manufacturer having been adapted to the condition of the motor.


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karateristik performa mesin sepeda motor Honda GL max 125cc dengan menggunakan CDI standart dan CDI shogun 110cc  CDI standar dengan CDI shogun 110cc yang digunakan pada motor honda GL Max 125c. Prosedur pengambilan data secara real, dengan metode on road test serta dianalisis secara deskriptif. Hasil pengujian dan analisa menunjukkan  bahwa peningkatan rasio gear dan perbedaan awal start pada kedua CDi  memilki pengaruh pada performa mesin antara lain kecetapan, percepatan, daya, torsi, Sfc (konsumsi bahan bakar) pada  sepeda motor tersebut. Hasil pengujian untuk kecepatan dan percepatan nilainya semakin menurun, nilai energi  CDI standar dan CDI Shogun110cc mengalami penurunan seiring peningkatan gigi, Untuk daya mengalami Peningkatan terbesar pada CDI shogun 110cc daripada CDI standar dan torsi mengalami peningkatan, sedangkan konsumsi bahan bakar lebih hemat CDI standar disebabkan rasio gear dari pabrikan telah disesuaikan dengan kondisi motor.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sugiono, D., Riani, N., Lostari, A., & Kusdyanto, A. (2022). Karakterististik CDI Standard dan CDI shogun 110 cc Terhadap Performa Sepeda Motor GL Max 125 CC. AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 3(2), 139-150. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/aeej.v3i2.157

References

[1] Evan Maulana, Teuku Zulfadli,dan Nazaruddin. "Kajian Eksperimental Tentang Pengaruh Penggunaan Variasi Dua jenis CDI (Standart dan BRT) Terhadap Konsumsi Bahan Bakar" pada sepeda Motor Honda Supra X 125 CC tahun 2011, Vol. 1 No. 2 Des 2020 JITU (Jurnal Ilmiah Teknik Unida).
[2] Budi Nugraha, "Perbandingan Unjuk Kerja dan konsumsi Bahan Bakar antar motor yang mengunakan CDI limiter dengan Motor yang mengunakan CDI unlimiter", volume1 no.1 2020 jurnal Focus Teknik Mesin Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan (UPMI).
[3] Anggrik Adi Marzuki Putra, Nely Ana Mufarida, Asmar Finali, "Pengaruh penggunaan Variasi sistem pengapian terhadap performa motor 4 tak 125cc", Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jember.
[4] Irfanda Adi Perdana, Ranto, Husin Bugis,"Pengaruh Penggunaan CDI Racing Dan jenis bahan bakar Terhadap Daya,Torsi,dan Konnsumsi Bahan Bakar pada Sepeda Motor Honda Vario 110 CC Tahun 2010", Volume 02 Nomor 01, , 62 – 68, Februari 2020, DOI : https://doi.org/10.20961/nozel.v1i3.50765 NOZEL Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret
[5] Jantiko Ardiansyah dan Dwi Heru Sutjahjo, "Modifikasi sistem pengapian Honda C70 standart menggunakan pengapian CDI pada penujian performa", JRM. Volume 05 Nomor 03 Tahun 2019, 27 – 32, Universitas Negeri Surabaya.
[7] Raharjo, Winarno Dwi dan Karnowo."Mesin Konversi Energ"i. Universitas Negeri Semarang, Semarang. 2008.
[8] Arends dan Schot Beren. “Motor Bensin”,Erlangga, Jakarta, 2002.
[9] Arismunandar, Wiranto. 2005.Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Bandung: Penerbit ITB.
[10] Heywood, J.B."Internal Combustion Engine Fundamentals". London: McGraw Hill Higher Education, 1988.
[11] Sutiman,M.T, Sistem pengapian eletronik,penerbit PT Citra Aji Parama Yogyakarta.
[12] Prasetya, Dhysa Gitta. 2013. Perbandingan Unjuk Kerja Dan Konsumsi Bahan Bakar Antara Motor Yang Mempergunakan CDI Limiter Dengan Motor Yang Mempergunakan CDI Unlimiter. Skripsi. Universitas Negeri Malang.TB.
[13] Danni Priansah,dkk, Pengaruh Penggunaan CDI Racing terhadap Karateristik percikkan bunga api dan kinerja motor 4 langkah 110 cc Transmisi Automatic tahun 2009,Program Studi Tenik Mesin, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
[14] Jama, Jalius. 2008. Teknik Sepeda Motor Jilid 2. Jakarta. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,Direktorat Manajemen Pendidikan Dasar dan menengah,Departemen Pendidikan Nasional.
[15] Sachrul Ramdani,."Analisa pengaruh variasi CDI terhadap performa dan konsumsi bahan bakar honda vario 110 cc" . 2015 Program Studi Teknik Mesin ,Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana ,Jakarta.
[16] Nursuhud, D., 1990. Diktat Pengantar Mesin Konversi Energi, Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Surabaya (ITS).