KEMATANGAN KARIR YANG DI PENGARUHI OLEH SELF EFFICACY DAN DUKUNGAN SOSIAL
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh self-efficacy dan dukungan sosial terhadap kematangan karir siswa SMK di SMKN 3 Boyolangu. Self-efficacy, atau keyakinan diri, berperan penting dalam membantu siswa mengambil keputusan karir dan mengatasi tantangan. Dukungan sosial dari keluarga, teman, dan lingkungan juga memiliki pengaruh signifikan dalam mempersiapkan siswa merencanakan masa depan karir mereka. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan sampel 86 siswa dari Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy dan dukungan sosial, baik secara individual maupun kombinasi, memiliki pengaruh positif terhadap kematangan karir siswa. Siswa dengan self-efficacy tinggi dan dukungan sosial yang kuat lebih siap dalam merencanakan dan mengambil keputusan karir. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya kedua faktor tersebut dalam mengembangkan kesiapan karir siswa SMK, yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja yang kompetitif.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
[2] A. E. Rustanto, “Kepercayaan Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karir Mahasiswa Di Politeknik Lp3i Jakarta Kampus Jakarta Utara,” J. Lentera Bisnis, vol. 5, no. 2, May 2017, doi: 10.34127/jrlab.v5i2.31.
[3] C.-T. (Simon) Tsai, H. Hsu, and C.-C. Yang, “Career decision self-efficacy plays a crucial role in hospitality undergraduates’ internship efficacy and career preparation,” J. Hosp. Leis. Sport Tour. Educ., vol. 21, pp. 61–68, Nov. 2017, doi: 10.1016/j.jhlste.2017.08.002.
[4] A. T. Pambudi, R. G. Kesuma, and D. Oleh, “Self Efficacy Pemilihan Karir Siswa Smp Di Tinjau Dari Perspektif Budaya Kelompok Minoritas Di Indonesia,” J. Bimbing. Dan Konseling Ar-Rahman, vol. 2, no. 2, 2016, [Online]. Available: http://ojs.uniska.ac.id/index.php/BKA
[5] A. Rahman, “Hubungan Efikasi Diri dengan Kematangan Karier pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Adzkia,” SCHOULID Indones. J. Sch. Couns., vol. 7, no. 2, Sep. 2022, doi: 10.23916/082288011.
[6] Y. D. Anggreni, “Peran Dukungan Sosial Orangtua dan Kematangan Karir Siswa SMK Kelas XII di Surabaya,” J. Psikol. MANDALA, vol. 5, no. 1, Mar. 2021, Accessed: May 20, 2024. [Online]. Available: https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/mandala/article/view/1627
[7] C. E. Hostinar and M. R. Gunnar, “Social Support Can Buffer against Stress and Shape Brain Activity,” AJOB Neurosci., vol. 6, no. 3, pp. 34–42, Jul. 2015, doi: 10.1080/21507740.2015.1047054.
[8] E. R. Surjaningrum and H. Mujahadah, “Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Kualitas Hidup pada Individu Autistik Dewasa,” Sosio Konsepsia J. Penelit. Dan Pengemb. Kesejaht. Sos., vol. 11, no. 3, Art. no. 3, 2022, doi: 10.33007/ska.v11i3.3085.
[9] M. Anggraini, “Hubungan antara Self Efficacy dengan Kematangan Karir pada SIswa Kelas XII MAS Nahdhatul Islam,” Aug. 2018, Accessed: May 24, 2024. [Online]. Available: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9736
[10] L. Lianto, “Self-Efficacy: A Brief Literature Review,” J. Manaj. Motiv., vol. 15, no. 2, Art. no. 2, Nov. 2019, doi: 10.29406/jmm.v15i2.1409.
[11] B. Moeini, M. Barati, M. Farhadian, and M. H. Ara, “The Association between Social Support and Happiness among Elderly in Iran,” Korean J. Fam. Med., vol. 39, no. 4, pp. 260–265, Jul. 2018, doi: 10.4082/kjfm.17.0121.