Kontribusi PLK Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zikri Fauzi
Wawan Purwanto
R. Chandra
Ahmad Arif
Hendra Dani Saputra

Abstract

This study aims to determine how the effect of the implementation of Educational Field Practices (PLK) on readiness to become professional teachers. This research is included in quantitative research because this research uses a lot of numbers, starting from data collection, interpretation of the data, and the appearance of the results of this study which are manifested in numbers. The research was conducted in the Automotive Engineering Department, State University of Padang, with a population of 109 students of Automotive Engineering Education. The results showed that the correlation coefficient value (Rxy) was 0.935 and the determination coefficient value (R2xy) was 0.874 This indicates that there is a positive influence between Educational Field Practices and Readiness to Become Professional Teachers, which means that the longer Educational Field Practices are carried out. students, the higher the Readiness to Become a Professional Teacher.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelaksanaan Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) terhadap kesiapan menjadi guru porfesional. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif karena penelitian ini banyak menggunakan angka-angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasil penelitian ini diwujudkan dalam angka. Penelitian dilaksanakan di Jurusan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang dengan Populasi penelitian sebanyak  109 mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (Rxy) sebesar 0,935 dan nilai koefisien determinasi (R2x,y) sebesar 0,874 Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Praktik Lapangan Kependidikan dengan Kesiapan Menjadi Guru Profesional yang berarti bahwa semakin lama Praktik Lapangan Kependidikan yang dilakukan mahasiswa maka akan semakin tinggi Kesiapan Menjadi Guru Profesional.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fauzi, Z., Purwanto, W., Chandra, R., Arif, A., & Saputra, H. (2022). Kontribusi PLK Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang. AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 3(1), 23-32. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/aeej.v3i1.40

References

[1] T. Penyusun, Pedoman Praktek Lapangan Kependidikan, Padang: Univesitas Negeri Padang, 2020.
[2] G. E. M. d. W. Kristianto, "Persepsi Siswa Tentang Praktek Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) dalam Proses Pembelajaran di SMK N 1 Padang. Padang : 2(1): 1-9.", Automotive Engineering Education Jounals, vol. 2, no. 1, pp. 1-9, 2018.
[3] Ramayulis, Profesi dan Etika Keguruan, Jakarta: Kalam Mulia, 2013.
[4] Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT RIneka Cipta, 2010.
[5] A. Majid, Perancanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
[6] E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikat Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
[7] Y. Jiwong, "Studi Mengenai Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Mahasiswa Teknik Sipil Atma jaya Yogyakarta," Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta, 2013.
[8] S. Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.
[9] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2017.
[10] S. Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, vol. 1, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010, pp. 1-12.
[11] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2015.
[12] Yulianto, Aditya, “Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Minat Menjadi Guru, Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Yang Profesional. Semarang: 5(1): 100-114.”, Economic Education Analysis Journal, vol.5, no.1, pp. 100-114, 2016.
[13] Setiawan, Dedi dkk, “Pemanfaatan Media Sosial untuk Membangun Sistem E-Learning di SMKN 1 Gunung Talang. Padang : 18(1) : 7-12.”, Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 18, no.1, pp. 7-12, 2018.