Analisis Kompetensi Mahasiswa D3 Jurusan Teknik Otomotif

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Alim Kusuma
Wawan Purwanto

Abstract

Education is a process to optimize one's potential in certain ways to achieve certain goals. Every university has graduate competency standards that every student must have. Graduate competencies are made based on the expected graduate profile of each study program, including the automotive engineering study program. Based on data from sia2.unp.ac.id the comparison between the number of students entering and graduating D3 Automotive Engineering UNP students in 2014 to 2017 was 225 versus 101. This study used a quantitative descriptive method involving 75 students as respondents. The purpose of this study is to describe the abilities possessed by D3 students of the Automotive Engineering Department in 2020. The highest percentage of student competencies is at the B+ score, which is 25%, followed by A-, A, E, B, B-, C, C, C+. , and D, respectively, the percentages are 18%, 14%, 11%, 8%, 6%, 6%, 6%, 3%, 3%.


Pendidikan adalah proses untuk mengoptimalkan potensi diri dengan cara-cara tertentu untuk mencapai tujuan tertentu. Setiap perguruan tinggi memiliki standar kompetensi lulusan yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa. Kompetensi lulusan dibuat berdasarkan profil lulusan yang diharapkan setiap program studi, termasuk program studi teknik otomotif. Berdasarkan data dari sia2.unp.ac.id perbandingan antara jumlah mahasiswa masuk dan lulus mahasiswa D3 Teknik Otomotif UNP tahun masuk 2014 sampai 2017 adalah 225 berbanding 101. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang melibatkan 75 orang mahasiswa sebagai respondenya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan kemampuan yang dimiliki mahasiswa D3 Jurusan Teknik Otomotif tahun masuk 2020. Persentase kompetensi mahasiswa paling tinggi berada pada nilai B+ yaitu 25% disusul A-, A, E, B, B-, C, C-, C+, dan D yang berturut turut presentasenya 18%, 14%, 11%, 8%, 6%, 6%, 6%, 3%, 3%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kusuma, A., & Purwanto, W. (2021). Analisis Kompetensi Mahasiswa D3 Jurusan Teknik Otomotif. AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 2(1), 45-52. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/aeej.v2i1.63

References

[1]Universitas Negeri Padang. 2020. “Daftar Mahasiswa D3 Jurusan Teknik Otomotif Tahun Masuk 2014, 2015, 2016, dan 2017”. https://sia2.unp.ac.id/laporan/master_mhs, diakses tanggal 21 Desember 2020.
[2]Abbas, Syahrizal. 2008. Manajemen Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.
[3]Republik Indonesia. 1999. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 Tentang Pendidikan Tinggi. Lembaran Negara RI Tahun 1999, No.115. Sekretariat Negara. Jakarta.
[4]Irfan, M. dan Suprapti, V. 2014. “Hubungan Self Efficacy Dengan Penyesuaian Diri Terhadap Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.” Jurnal Psikologi dan Perkembangan. No.3. Hlm.172—178.
[5]Hadiningrum, Indriyati. 2018. “Analisis Kesiapan Pembelajaran Mahasiswa Dalam Mengikuti Mata Kuliah Pragmatics.” Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers. No.ISBN: 978-602-1643-617. Hlm.222—229.
[6]Karwono dan Mularsih, Heni. 2017. Belajar Dan Pembelajaran: Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok; PT Rajagrafindo Persada.
[7]Sumantri, Mohammad S. 2016. Strategi Pembelajar: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.
[8]Sukmawati, Rika. 2019. “Analisis Kesiapan Mahasiswa Menjadi Calon Guru Professional Berdasarkan Standar Kompetensi Pendidik.” Jurnal Analisa.No.1. Hlm.95—102.
[9] Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
[10]Teknik Otomotif UNP. 2019. Instrumen Pemenuhan Syarat Minimum Akreditasi Program Studi Baru di Luar Kampus Utama Program Studi DIII Teknik Otomotif Kota Sawahlunto. Padang.
[11]Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
[12]Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.
[13]Kanah, dkk. 2019. “analisis kompetensi mahasiswa program studi perhotelan.” Epigram. No.1. Hlm. 19—28.
[14]Sutrisno, Yohanes.T.A., dkk. 2018. “Kompetensi Mahasiswa Teknik Mesin Diploma 3 dan Relevansi Dengan Dunia Kerja.” Journal Of Mechanical Engineering And Education. No.1. Hlm.119—123.