Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hendra Dani Saputra
Toto Sugiarto
Wawan Purwanto
Fajar Hanifudin Afifi
Fazrin Hidayat
Erzeddin Alwi

Abstract

Research-based on problems in applying the learning model at SMKN 3 Bungo. This study aims to see the effectiveness of using the Problem Solving learning model at SMKN 3 Bungo. The learning model used is centered on the teacher, so student activity is still low. This type of research is a pre-experimental study using a one-group pretest post-test design. The research subjects were 24 students of class XI TKR 2 SMKN 3 Bungo. The research instrument is in the form of test questions in the form of objective questions. the data is analyzed through analysis of student learning completeness, effect size, and N-Gain. The results of this study indicate that the Problem Solving learning model effectively improves student learning outcomes in class XI TKR 2 at SMKN 3 Bungo, where 91.67% of students are declared to have completed it based on the KKM.


Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan pengunaan model pembelajaran Problem Solving di SMKN 3 Bungo. Penelitian berdasarkan permasalahan  dalam penerapan model pembelajaran yang diterapkan di SMKN 3 Bungo. Model pembelajaran yang digunakan terpusat pada guru, sehingga keaktifan siswa masih rendah. Jenis penelitian merupakan penelitian pre experimental menggunakan desain one group pretest posttest. Subjek penelitian  merupakan siswa kelas XI TKR 2 SMKN 3 Bungo yan berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian dalam bentuk  soal tes dalam bentuk soal objektif. Data yang terkumpul,  dianalisis melalui analisis ketuntasan belajar siswa, effect size dan N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Solving efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR 2 di SMKN 3 Bungo dimana sebesar 91,67 % siswa dinyatakan telah tuntas berdasarkan KKM.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Saputra, H., Sugiarto, T., Purwanto, W., Afifi, F., Hidayat, F., & Alwi, E. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 3(2), 105-112. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/aeej.v3i2.138

References

[1] Peraturan Pemerintah.2013. Tujuan Pendidikan Nasional.”
[2] H. D. Saputra, F. Ismet, and A. Andrizal, “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK,” INVOTEK J. Inov. Vokasional Dan Teknol., vol. 18, no. 1, pp. 25–30, Apr. 2018, doi: 10.24036/invotek.v18i1.168.
[3] D. Setiawan, H. D. Saputra, and M. Nasir, “Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Lingkungan Kampus Terhadap IPK Mahasiswa,” vol. 19, no. 1, p. 8.
[4] H. D. Saputra, N. Nasrun, and W. Wakhinuddin, “DEVELOPMENT OF WEB-BASED LEARNING MEDIA IN VOCATIONAL SECONDARY SCHOOL,” p. 5, 2018.
[5] H. D. Saputra, S. Anori, D. Fernandez, and D. Setiawan, “Analysis of student’s learning outcomes test questions Department of Automotive Engineering FT UNP,” INVOTEK J. Inov. Vokasional Dan Teknol., vol. 22, no. 1, pp. 21–28, May 2022, doi: 10.24036/invotek.v22i1.964.
[6] R. Ramadhan, A. Solehudin, and S. Sabri, “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK DI SMK,” J. Mech. Eng. Educ., vol. 5, no. 2, p. 242, Jan. 2019, doi: 10.17509/jmee.v5i2.15194.
[7] H. D. Saputra, W. Purwanto, D. Setiawan, D. Fernandez, and R. Putra, “HASIL BELAJAR MAHASISWA: ANALISIS BUTIR SOAL TES,” vol. 20, p. 14, 2022.
[8] K. Dunbar, “Problem Solving,” in A Companion to Cognitive Science, W. Bechtel and G. Graham, Eds. Oxford, UK: Blackwell Publishing Ltd, 2017, pp. 289–298. doi: 10.1002/9781405164535.ch20.
[9] D. Sudjana and I. E. Wijayanti, “ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNITIF PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH,” p. 16.
[10] S. Erita, “Beberapa model, pendekatan, strategi, dan metode dalam pembelajaran matematika,” Tarbawi J. Ilmu Pendidik., vol. 12, no. 2, pp. 1–13, 2016.
[11] M. Ariyanto, F. Kristin, and Anugraheni, Indri, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa,” J. Guru Kita JGK, vol. 2, no. 3, pp. 106–115, 2018.
[12] A. Nugroho and D. E. Myori, “Efektivitas Penerapan Metode Problem Solving pada Proses Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 83–86, Nov. 2020, doi: 10.24036/jpte.v1i1.36.
[13] Ryan Gig Julindra, Debora, and Wiyogo, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MATERI PERBAIKAN SISTEM PENDINGIN,” Steam Eng., vol. 3, no. 1, pp. 34–38, Sep. 2021, doi: 10.37304/jptm.v3i1.1877.
[14] M. Ariyanto and F. Kristin, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA,” . Vol, vol. 2, p. 10, 2018.
[15] R. Putra, W. Purwanto, H. Maksum, D. Irfan, M. Muslim, and H. D. Saputra, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL BERBASIS PROJECK BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI ALAT BERAT,” Rang Tek. J., vol. 5, no. 1, pp. 164–173, Jan. 2022, doi: 10.31869/rtj.v5i1.3068.
[16] R. Festiawan, “Belajar dan Pendekatan Pembelajaran,” p. 18.
[17] M. Masril, N. Jalinus, J. Jama, and O. Dakhi, “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 2 PADANG,” p. 14, 2013.
[18] A. Jaedun, “METODOLOGI PENELITIAN EKSPERIMEN,” p. 13.
[19] D. P. Ramadhani*, A. Asrizal, and F. Festiyed, “Analisis Effect Size Pengaruh Penerapan LKS Terhadap Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran IPA dan Fisika,” J. IPA Pembelajaran IPA, vol. 5, no. 1, pp. 77–89, Mar. 2021, doi: 10.24815/jipi.v5i1.19607.