Identifikasi Temperatur Kendaraan Berdasarkan Dimensi Kendaraan Selama Kendaraan Parkir
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Increased vehicle temperature during parking in the sun inconveniences the driver, passengers and can damage the interior of the vehicle, including the dashboard, seats and control panel. This study was conducted to test the temperature of the vehicle during parking in the sun. This study was to compare the test results on both treatments, namely avanza type G temperature 1.3 in 2010 and innova type G 2.0 in 2010. The data collection technique in this study was using thermocouple measuring instruments and data loggers. The results of this study indicate that the highest temperature increase obtained in the test was on the Avanza vehicle, and for the points with the highest temperature in the cabin, namely on sensor 1 and sensor 2.
Peningkatan temperatur kendaraan selama parkir dibawah sinar matahari mengakibatkan ketidaknyamanan pengemudi, penumpang dan dapat merusak interior kendaraan, termasuk dashboard, kursi dan panel kendali. Pada penelitian ini dilakukan pengujian temperatur kendaraan selama parkir dibawah sinar matahari. Penelitian ini untuk membandingkan hasil pengujian pada kedua objek penelitian yaitu temperatur avanza tipe G 1.3 tahun 2010 dan innova tipe G 2.0 tahun 2010. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan alat ukur data logger yang dipasang pada empat titik dalam kabin kendaraan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kenaikan temperatur tertinggi yang didapatkan dalam pengujian yaitu pada kendaraan avanza, dan untuk titik dengan temperatur tertinggi didalam kabin yaitu pada sensor 1 dan sensor 2.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
[2] F. Purwanto, ”Perancangan Dan Implementasi Sistem Monitoring Gas Berbahaya Pada Mobil Berbasis Logika Fuzzy Menggunakan Mikrokontroler,” eproceedings of engineering, 2016.
[3] J. Rilatupa, ”Aspek Kenyamanan Termal pada Pengkondisian Ruang Dalam,” Jurnal Sains dan Teknologi EMAS, 2008.
[4] A. N. S. Budi, I. Qiram och D. Sartika, ”Pengaruh Prosentase Kepekatan Kaca Film Terhadap Distribusi Termal dan Pencahayaan Kabin Kendaraan,” Jurnal V-Mac, vol. 6, 2021.
[5] R. Ruliandini, ”Mengukur Nilai Kenyamanan Termal pada Mobil dengan Kaca Film Berteknologi (Engineering Widow Film),” Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, vol. II, 2016.
[6] G. J. Marshall, C. P. Mahony, M. J. Rhodes, S. R. Daniewicz, N. Tsolas och S. M. Thompson, ”Thermal Management of Vehicle Cabins, External Surfaces, and Onboard Electronics: An Overview,” Elsevier, vol. 5, nr 5, 2019.
[7] S. Iskandar, Perpindahan Panas, Yogyakarta: Deepublish, 2015.
[8] H. Utami och A. , Transfer Massa dan Panas, Bandar Lampung: Tekkim Publishing, 2017.
[9] K. Burhani och R. , ”Pengembangan Media Pembelajaran Perpindahan Panas Radiasi dengan Beda Perlakuan Permukaan Spesimen Uji,” Journal Mechanical Engineering Learning , 2014.
[10] J. P. Holman, Heat Transfer, Jakarta: Erlangga, 1991.
[11] J. Viertel och WulandanaR, ”Two-Dimensional CFD Analysis and Optimization of Transmission Cooling Scoop Flow for Longitudinal Powertrain Applications,” International Journal of Advanced Technology in Mechanical, Mechatronics and Materials, vol. 2, pp. 11-21, 2021.
[12] W. I. Rahayu, M. N. Fauzan och R. T. Wulansari, ”Analisis Penerapan Fuzzy Logic Monitoring Suhu Tromol Untuk Mencegah Kecelakaan Pada Mobil Tangki (Studi Kasus Pt. Pertamina Patra Niaga),” Jurnal Teknik Informatika, vol. 12, pp. 29-35, 2020.
[13] T. Cahyono, Penyehatan Udara, Yogyakarta, 2017.
[14] Sudaryono, Metodologi Penelitian, Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2017.
[15] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitas dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2018.