Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

ilham yuliady
Hendra Dani Saputra
Yogi Dian Alfana
A'yan Sabitah

Abstract

This research based on the problem of the learning process of the Engineering Mechanics course. The teacher  center  learning process causes students to be passive so that students feel bored because of one way communication. Based on data student learning outcomes, it is still not well achieved, therefore it is necessary to apply the numbered heads together learning model to improve learning motivation and learning outcomes. This type of reseach is a factorial 2x2. The subjects of this study were 48 students. The sampling technique is carried out random cluster sampling. Data collection by dissemination of learning motivation questionnaires and learning outcome test instruments and analyzed using two ways anova. Based on the results of data testing, it can be concluded that the Numbered heads together learning model can improve student motivation and learning outcomes.


Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan proses pembelajaran mata kuliah Mekanika Teknik. Proses pembelajaran yang terpusat pada dosen menyebabkan mahasiswa menjadi pasif sehingga mahasiswa merasa bosan karena komunikasi satu arah. Berdasarkan data hasil belajar mahasiswa masih belum tercapai dengan baik, maka dari itu perlu dilakukan penerapan model pembelajaran numbered heads together dalam peningkatan motivasi  belajar dan hasil  belajar. Jenis penelitian ini eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Subjek penelitian ini mahasiswa yang berjumlah 48 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan random cluster sampling. Pengumpulan data dengan  penyebaran angket motivasi belajar dan Instrumen tes hasil belajar dan dianalisa dengan two ways anova. Berdasarkan hasil pengujian data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran numbered heads together dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
yuliady, ilham, Saputra, H., Alfana, Y., & Sabitah, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar. AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 4(1), 29-38. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/aeej.v4i1.189

References

[1] “UU-Nomor-12-Tahun-2012-ttg-Pendidikan-Tinggi.pdf.”
[2] Y. Riyani, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa,” vol. 8, 2012.
[3] L. M. Rasiban, “PENERAPAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) MELALUI METODE MNEMONIK DENGAN TEKNIK ASOSIASI PADA MATA KULIAH KANJI DASAR,” J. Pendidik. Bhs. Dan Sastra, vol. 13, no. 2, p. 180, Oct. 2013, doi: 10.17509/bs_jpbsp.v13i2.290.
[4] D. S. Lagur and A. P. Makur, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS,” J. Pendidik. Mat., vol. 7, 2018.
[5] I. Km. J. Sugiyadnya, I. Wyn. Wiarta, and I. Kt. A. Putra, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe NHT terhadap Pengetahuan Matematika,” Int. J. Elem. Educ., vol. 3, no. 4, p. 413, Oct. 2019, doi: 10.23887/ijee.v3i4.21314.
[6] S. Halim, D. T. Boleng, and P. Labulan, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Number Head Together Terhadap Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa,” J. Pijar Mipa, vol. 14, no. 1, pp. 55–61, Mar. 2019, doi: 10.29303/jpm.v14i1.569.
[7] A. N. Khasanah, E. Yuliyanto, and P. Kimia, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HAND TOGETHER (NHT) PADA MATERI KIMIA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR,” vol. 04, 2016.
[8] S. Rahman, “PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR,” 2021.
[9] Y. Anwar, A. Ananda, M. Montessori, and K. Khairani, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan SAVI dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 7433–7445, Jun. 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3355.
[10] R. Andriani and R. Rasto, “Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 4, no. 1, p. 80, Jan. 2019, doi: 10.17509/jpm.v4i1.14958.
[11] S. N. Khoirunimah, “PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS 4 SD,” J. Elem. Edukasia, vol. 2, no. 1, Apr. 2019, doi: 10.31949/jee.v2i1.1285.
[12] A. Darmuki and N. A. Hidayati, “Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A PBSI Tahun Akademik 2018/2019,” J. Pendidik. Edutama, vol. 6, no. 2, p. 9, Jul. 2019, doi: 10.30734/jpe.v6i2.453.
[13] T. D. Hastjarjo, “Rancangan Eksperimen-Kuasi,” Bul. Psikol., vol. 27, no. 2, p. 187, Dec. 2019, doi: 10.22146/buletinpsikologi.38619.
[14] N. H. Ilmiyah and M. S. Sumbawati, “Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Inf. Eng. Educ. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 46–50, Jul. 2021, doi: 10.26740/jieet.v3n1.p46-50.
[15] Universitas Brawijaya et al., “Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Ketepatan Penggunaan Obat Simvastatin Pada Pasien Hiperkolesterolemia Di Apotek Kota Malang,” Pharm. J. Indones., vol. 005, no. 02, pp. 91–96, Jun. 2020, doi: 10.21776/ub.pji.2020.005.02.4.
[16] Z. H. Dina and M. Ikhsan, “The Improvement of Communication and Mathematical Disposition Abilities through Discovery Learning Model in Junior High School,” 2019.
[17] N. Y. R. Manurung, A. Darmaya, and D. Sukmayadi, “Pengaruh Number Head Together dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Siswa,” J. Educ. Hum. Soc. Sci. JEHSS, vol. 4, no. 3, pp. 1324–1330, Jan. 2022, doi: 10.34007/jehss.v4i3.827.
[18] F. Y. Nourhasanah and A. Aslam, “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 5124–5129, May 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.3050.
[19] M. V. Ramadhan and M. Giatman, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK N 1 KECAMATAN GUGUAK”.
[20] H. J. Pratama and M. A. Ghofur, “Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Saat Pembelajaran Daring,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 3, no. 4, pp. 1568–1577, Jun. 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i4.621.