Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunkan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Diklat Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI Program Studi Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
This study aims to improve student learning outcomes of SMK Negeri 1 Padang by using the Project Based Learning (PjBL) learning model. The research is Classroom Action Research using The George Lucas Educational Foundation model. The results of this study indicate an increase in student activity by 21.9% and an increase in student learning outcomes with the average value increasing from 60.6 to 78.1 in cycle 1 and 86.7 in cycle 2, and the number of students who graduate increased from 6 people to 22 people in cycle 1 and 32 people in cycle 2. Project Based Learning (PjBL) is effective in improving the learning outcomes of TKR Class XI students at SMK Negeri 1 Padang in the subject of Electrical Maintenance course.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Padang dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Pada penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research menggunakan model The George Lucas Educational Foundation yang terdiri atas 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan keaktifan siswa sebesar 21,9% dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata meningkat dari 60,6 menjadi 78,1 pada siklus 1 dan 86,7 pada siklus 2, serta jumlah siswa yang lulus meningkat dari 6 orang menjadi 22 orang pada siklus 1 dan 32 orang pada siklus 2. Project Based Learning (PjBL) efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa TKR Kelas XI SMK Negeri 1 Padang pada mata diklat Pemeliharaan Kelistrikan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Pahrul, R., Hasan, M., & Andrizal. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X TKR SMK Muhammsdiyah 1 Padang. Automotive Engineering Education Journal. Hlm. 3
Baharuddin & Esa, Nur Wahyuni. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Syaiful, Sagala. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
The George Lucas Education foundation. (2005). www.edutopia.org
Depdiknas. (2004). Pedoman Penilaian Hasil Belajar. Jakarta
Purwanto, Ngalim. (2012). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suharsimi Arikunto. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara