Rancang Bangun Sistem Injeksi Sepeda Motor 4 Langkah Rancang Bangun Sistem Injeksi Sepeda Motor 4 Langkah Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
This study discusses the design of a four stroke motorcycle injection system with the aim of reducing harmful substances in exhaust emissions by changing the conventional system to an EFI system and to determine the torque and power and fuel consumption produced. This research method uses the experimental method. The results of this study are the power produced in the designed EFI system decreased by 4.33% with a difference of 0.23 kW, torque decreased by 6.95% with a difference of 0.57 kW, and the content of HC exhaust emissions decreased by 394.58% with a difference of 365.66 ppm, CO content decreased by 39.13%, with a difference of 0.63%, the content of CO2 in exhaust emissions on a four stroke motorcycle that was converted to an EFI system increased by 68.99% with a difference of 2.67%, and fuel consumption was getting smaller so that it increased by 31.85% with a difference of 21.98 Km/ L.
Penelitian ini membahas tentang rancang bangun sistem injeksi sepeda motor 4 langkah dengan tujuan mengurangi zat berbahaya pada emisi gas buang dengan merubah sistem konvensional menjadi sistem EFI dan untuk mengetahui torsi serta daya dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian ini adalah daya yang dihasilkan pada sistem EFI yang dirancang mengalami penurunan sebesar 4.33% dengan selisih 0.23 kW, torsi menurun sebesar 6.95% dengan selisih 0.57 kW, dan Kandungan emisi gas buang HC menurun sebesar 394.58% dengan selisih 365.66 ppm, kandungan CO menurun sebesar 39.13%, dengan selisih 0.63%, kandungan CO2 pada Emisi gas buang pada sepeda motor 4 langkah yang dirubah menjadi sistem EFI meningkat sebesar 68.99% dengan selisih 2.67%, serta konsumsi bahan bakar semakin kecil sehingga meningkat sebesar 31.85 % dengan selisih 21.98 Km/L. Dengan simpulan penggunaan sistem EFI ini dapat menurunkan jumlah konsumsi bahan bakar dan emisi pada gas buang kendaraan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
W. Hidayat, Motor Bensin Modrn, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
L. Satibi, I. Purnawan and L. Nazifah, Mesin Penggerak Utama (primer Mover), yogyakarta: Graha ilmu, 2016.
H. Maksum, R. and W. Purwanto, Teknologi Motor Bakar, Padang: UNP Prees, 2012.
s. huda and d. , "The Effect Of Turbo Cycle Instalation On 4 Stroke Motor Cycle On Fuel Consumption And Exhaust Emissions," Journal of Mechanicsl, Electrical and Industrial Engineering, vol. 3, pp. 69-76, 2021.
E. Alwi and d. , "Uji Penghemat Bahan Bakar Kendaraan Dengan Sistem Pembatasan Putaran Mesin," vol. 2, pp. 47-54, 2017.
J. Fraenkel, N. Wallen and H. Hyun, How To Design And Evaluate Research In Education, New York: McGraw-Hill Companies, 2012.
K. N. L. Hidup, "Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 05 Tahun 2006 Tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama," Jakarta, 2006.
M. Bakeri and d. , "Analisa Gas Buang Mesin Berteknologi EFI Dengan Bahan Bakar Premium," Info Teknik, vol. 13, pp. 81-90, 2012.
A. Prasetiyo, "Analisis Variasi Penggunaan Busi Pada Sepeda Motor Yamaha Vixion 2015 Terhadap Daya, Torsi Dan Emisi Gas Buang," Padang, UNP, 2020.
S. "Perbandingan Konsumsi Bahan bakar Sepeda Motor Sistem Konvensional dan sistemEFI," Teknologi, vol. 19, pp. 34-42, 2017.
M. Hazwi and d. , "Studi Analisis Performansi Mesin Sistem Pembakaran EFI Dan Karburator Pada Mesin Bensin," Jurnal Dinamis, vol. 4, pp. 20-31, 2016.
S. Siyoto and S. M.A, Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
M. Rifal and d. , "Pengaruh Campuran Bahan Bakar Ethanol Bensin Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang Pada Kendaraan Bermotor 125 cc Sistem Injeksi," Gorontalo Journal Of Infranstructure & Science Engineering, vol. 4, pp. 50-57, 2021.
M. Yusrian and d. , "Pengaruh Penggunaan Step Up Voltage Dengan Variasi Bahan Bakar Terhadap Torsi Dan Daya Pada Motor Honda Beat," Nozel Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, vol. 03, pp. 255-256, 2021.