Rancang Bangun Alat Skir Katup Pada Mobil Menggunakan Pemutar Motor Listrik Dengan Pengaturan Dimmer AC
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
This research discusses the design of valve skir tool. The purpose of this research is to explain the process of designing and manufacturing as well as testing the valve screw by knowing the ratio of the thickness of the valve margins from the results of the valve clearance. This type of research is development and research, the researcher examines and tests the performance of the tool. The object of this research is to know the ratio of the thickness of the valve margins if the rpm is increased gradually and the time during drilling continues to increase, using the Toyota Corona type 12 R cylinder head and valve. Based on the research that has been done, it can be concluded that the effective rpm and time or rpm and time Recommended for conducting valve inspections is at rpm 5000 minutes to 15, rpm 6000 and rpm 7000 minutes 5. The reason is because at that rpm and time the rotation is stable and from the results of checking the valve there is no leakage.
Penelitian ini membahas tentang rancang bangun alat skir katup. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan proses perancangan dan pembuatan serta melakukan uji coba alat skir katup dengan mengetahui perbandingan tebal margin katup dari hasil penyekiran katup. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dan penelitian, peneliti meneliti dan melakukan uji coba kinerja alat. Objek penelitian ini adalah megetahui perbandingan ketebalan margin katup jika rpmnya dinaikkan secara bertahap serta waktu selama penyekiran terus bertambah, menggunakan kepala silinder dan katup Toyota Corona tipe 12 R. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa rpm dan waktu yang efektif atau rpm dan waktu yang direkomendasikan untuk melakukan penyekiran katup adalah pada rpm 5000 menit ke 15, rpm 6000 dan rpm 7000 menit ke 5. Alasannya yaitu karena pada rpm dan waktu tersebut putarannya stabil dan dari hasil penyekiran katup tidak terjadi kebocoran.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
[2] Nugroho, E. and Saputra, D., 2017. Pengaruh Arah Variasi Putaran Dan Tumbukan Terhadap Performa Hasil Penyekiran Menggunakan Mesin Skir Klep. Turbo: Jurnal Program Studi Teknik Mesin, 4(2).
[3] Pressman, Ph.D dan Roger, S. (2002). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: Andi
[4] Whitten JL, Bentley LD, Dittman KC. 2004. System Analysis and Design Methods. Diterjemahkan oleh: Tim Penerjemah Andi. Yogyakarta: Andi
[5] Rahman, M.D., Wigraha, N.A. and Widayana, G., 2019. Pengaruh Ukuran Katup Terhadap Torsi Dan Daya Pada Sepeda Motor Honda Supra Fit. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 5(3).
[6] Irwan, I., Suyatno, A. and Fuhaid, N., Pengaruh Celah Katup terhadap Daya dan Efisiensi pada Motor Matic. Proton: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Mesin, 6(1), p.220835.
[7] Pasaribu, P.S., 2019. Pengaruh Celah Katup Dan Campuran Bahan Bakar Pertamax Turbo Dengan Premium Terhadap Emisi Gas Buang Pada Mobil 1500 CC. Tapanuli Journals, 1(2), pp.283-289.
[8] Elliafi Haq Novi, W., 2020. Peracangan Alat Bantu Skir Katup Pada Sepeda Motor (Doctoral dissertation, 021008 Universitas Tridinanti).
[9] Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta